10 Tips Meningkatkan Omset Toko Online Dengan Teknik Promosi

Dunia online saat ini menjadi trend di kalangan para pebisnis, baik itu pemain lama maupun pemain baru. Semua berlomba-lomba untuk menguasai teknik bisnis online, bahkan tanpa skill mereka langsung action. Memang siapapun bisa terjun ke bisnis online, tanpa memandang skill dan lulusan sekolah. Namun dengan banyaknya pesain bisnis di era digital saat ini, skill bisnis online perlu kita updgrade agar mampu bertahan di tengah gempuran persaingan. Apalagi pesaing yang siap secara materi.

Salah satu bisnis yang terus booming adalah toko online, hampir semua produk dijual secara online. Habbit manusia berubah karena toko online. Bahkan toko-toko konvensional kini mulai bergerak untuk menjual produknya secara online. Banyak sekali seminar,webinar bahkan grup bisnis online dan itu penting, dalam kesempatan kali ini saya ingin membahas tentang 10 tips toko online baik itu dengan cara gratisan maupun berbayar.

Ini adalah tips bagi anda yang sudah memiliki toko online, bagi anda yang belum memiliki toko online anda bisa mendapatkan informasi cara membuat toko online yang mudah murah dan keren pastinya.

Bismillah dulu yah, biar berkah..

Pahami dasar tentang bisnis online

Sangat mustahil menurut saya ketika anda ingin memulai bisnis online namun tidak paham dasarnya, karena apapun itu semua mulai dari dasar dari tiada menjadi ada, Dasar bisni online sebenarnya tidak banyak, saya sebutkan 3 saja disini :
  • Pelajari semua tentang potensi
  • Anda harus punya niat yang kuat untuk memulai bisnis dan membuka toko online, minimal anda paham. Siapa anda ? apa kekuatan anda? apa kelemahan anda? apa produk yang anda jual ? apa saja keunggulan produknya? siapa market anda? kenapa produk anda layak di beli ? manfaat apa mereka dapatkan jika membeli produk anda ? dan pertanyaan dasar lainnya yang bisa anda ajukan pada diri anda sendiri. Ya.. anda perlu itu karena anda berhubungan dengan konsumen, pastinya anda tahun bahwa konsumen anda adalah seorang manusia dengan karakter yang berbeda-beda.
  • Jangan pernah berhenti untuk belajar
  • Terus belajar tentang dunia online adalah satu dasar untuk memulai dan bertahan di bisnis online. Karena dengan belajar anda mampu menemukan insight baru di bisnis online. Cara efektif untuk belajar adalah dengan cara : Memiliki mentor, bergabung dengan grup dan membuat sebuah klub atau komunitas bisnis serta mengikuti berbagai seminar bisnis online. Jangan segan-segan untuk mengeluarkan biaya untuk membeli tools yang pastinya membuat skill anda bertambah. Anda juga bisa membaca ebook-ebook yang bisa anda dapatkan secara gratis.
  • Berdo'alah maka semua akan menjadi ringan
  • Berdo'a dan berserah pada sang Maha akan membuat semua menjadi lebih ringan, karena sepintar apapun anda dalam bisnis online tidak akan bisa mengalahkan sang Penentu, yaitu Allah SWT. jadi lengkapi dasar ikhtiar anda dengan memasrahkan semua urusan kepada-Nya.



Kembangkan di Berbagai Media Sosial

Media sosial penting untuk mempromosikan toko online secara efektif. Namun dibutuhkan upaya dan waktu untuk mengumpulkan pengikut. Berikut beberapa situs,yang dapat membantu pemasaran toko Anda, antara lain Facebook, Twitter, Intagram, Pinterest, Youtube, Google+, LinkedIn, Tumblr, Sumble Upon, We Heart it, Flickr, Foursquare, Quora, Polyvore

Soroti Produk di Media Sosial

Pemasaran melalui media sosial akan efektif jika Anda posting secara teratur. Kebanyakan pelaku bisnis melakukannya sekali sehari atau 2-3 kali, tergantung seberapa banyak pengikut. Postinglah gambar yang menarik dari produk yang disertai penawaran menarik.

Selalu sertakan link yang dapat terhubung langsung ke produk tertentu untuk mempercepat pembelian di online shop. Selain itu, minta pengikut untuk mengirimkan gambar diri mereka yang memakai produk Anda atau gambar produk untuk meningkatkan interaksi dan memperluas jangkauan online. Gunakan alat perencanaan, seperti Hootsuite yang dapat mempermudah Anda mengelola media sosial.

Adakan Perlombaan di Media Sosial

Perlombaan adalah cara yang bagus untuk mempromosikan penawaran, mengarahkan lalu lintas ke toko Anda, dan meningkatkan pengikut di media
sosial. Beberapa situs memiliki aturan khusus seperti Facebook, jadi pastikan Anda mengetahui hal tersebut sebelum memulai perlombaan. Anda bisa tawarkan salah satu produk sebagai hadiah atau beberapa paket hadiah lalu umumkan di semua situs sosial. Posting sesering mungkin untuk mendorong orang mendaftar (gunakan alamat email Anda untuk membangun basis
data emai).

Lalu minta pemenang untuk mengirimkan foto mereka beserta hadiah yang telah dikirimkan ke halaman Anda. Katakan sesuatu, seperti “Ada banyak
produk besar seperti ini yang dapat ditemukan di (masukkan URL)” untuk menarik orang-orang yang melihat postingan ini mengecek apalagi yang Anda
tawarkan.

Cobalah Bayar Iklan di Media Sosial

Situs seperti Facebook, Instagram dan Twitter menawarkan penggunaan iklan yang berbayar untuk menargetkan konsumen yang tepat. Jika Anda ingin mencoba Facebook, sebaiknya pilih metrik seperti “klik situs” atau “konversi situs” karena Anda ingin orang mengklik ke
URL toko online bukan fan page. Pada Twitter gunakan “Promoted Tweets” untuk mempromosikan toko Anda.

Sertakan konten yang singkat, menarik dan URL untuk membantu mengarahkan lalu lintas. Misalnya, jika Anda membuat pakaian, tweet Anda akan dipromosikan seperti ini, “Apa tren #pakaian terpanas untuk musim panas ? Cari tahu disini: (masukkan URL singkat)”

Reaksi:
Share this with short URL:

You Might Also Like:

Use parse tool to easy get the text style on disqus comments:
Show Parser Hide Parser